Cara Menghilangkan Phobia


  • "bagaimana cara menghilangkan PHOBIA??"

    Phobia adalah ketakutan yang berlebih-lebihan terhadap benda-benda atau situasi-situasi tertentu yang seringkali tidak beralasan dan tidak berdasar pada kenyataan.

    langkah awal adalah, kita mengidentifikasi dahulu jenis dari Phobia yang kita alami. Walaupun ada ratusan macam phobia tetapi pada dasarnya phobia-phobia tersebut merupakan bagian dari 3 jenis phobia, yang menurut buku DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual for Mental Disorder IV) ketiga jenis phobia itu adalah:

    1. Phobia sederhana atau spesifik (Phobia terhadap suatu obyek/keadaan tertentu) seperti pada binatang, tempat tertutup, ketinggian, dan lain lain.

    2. Phobia sosial (Phobia terhadap pemaparan situasi sosial) seperti takut jadi pusat perhatian, orang seperti ini senang menghindari tempat-tempat ramai.

    3. Phobia kompleks (Phobia terhadap tempat atau situasi ramai dan terbuka misalnya di kendaraan umum/mall) orang seperti ini bisa saja takut keluar rumah.

    Phobia dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Pada umumnya phobia disebabkan karena pernah mengalami ketakutan yang hebat atau pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah yang semuanya kemudian ditekan kedalam alam bawah sadar. Peristiwa traumatis di masa kecil dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab terjadinya phobia.

    nah, lalu bagaimana mengatasinya? berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi Phobia itu:

    1. Hypnotheraphy: Penderita phobia diberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan phobia.

    2. Flooding: Exposure Treatment yang ekstrim. Si penderita phobia dimasukkan kedalam sebuah ruangan yang berisi benda-benda atau apapun yang membuat dia Phobia.

    3. Sistematis: Dilakukan exposure bersifat ringan. Si penderita phobia yang takut akan benda atau apapun itu, diminta rileks dan membayangkan dia berada di suatu tempat dengan benda-benda yang membuat dia phobia dalam bentuk lucu.

    4. Abreaksi: Si penderita phobia yang takut pada benda itu, diputarkan film atau gambar benda tersebut. Perlahan penderita diminta untuk menyentuhnya. Memang sih bila phobia yang dikarenakan pengalaman traumatis lebih sulit dihilangkan.

    5. Reframing: Penderita phobia disuruh membayangkan kembali menuju masa lampau dimana permulaannya si penderita mengalami phobia, ditempat itu dibentuk suatu manusia baru yang tidak takut lagi pada phobia-nya.

    6. Dan cara terakhir adalah dengan mengkonsumsi obat.
    Penggunaan obat sebenarnya tidak dianjurkan untuk mengatasi fobia, karena biasanya dengan terapi bicara saja sudah cukup berhasil. Namun, obat-obatan ini dipergunakan untuk mengatasi efek dari fobia seperti cemas yang berlebihan.

    Terdapat 3 jenis obat yang direkomendasikan untuk mengatasi kecemasan, yaitu:
    1. Antidepresan: obat ini sering diresepkan untuk mengurangi rasa cemas, penggunaannya dizinkan untuk mengatasi fobia yang berhubungan dengan sosial (social phobia).

    2. Obat penenang: biasanya menggunakan obat yang mengandung turunan benzodiazepines. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan yang parah, tapi dosis yang digunakan harus serendah mungkin dan penggunaannya sesingkat mungkin yaitu maksimal 4 minggu. Ini dikarenakan obat tersebut berhubungan efek ketergantungan.

    3. Beta-blocker: obat ini biasanya digunakan untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular, seperti masalah jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Karena berguna untuk mengurangi kecemasan yang disertai detak jantung tak beraturan.

0 komentar:

Posting Komentar

Sungmin

my visitor counter